Tak Berkategori

Apiknya Keramik Banjarnegara

Hai, masih seputar Banjarnegara ya..
Spot lain yang menjadi favoritku saat di Banjarnegara kemarin ketika mengikuti Famtrip Blogger dan Media yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara adalah berkunjung ke pusat Kerajinan Keramik.

Beberapa Pusat Kerajinan Keramik bisa kita jumpai di sepanjang Jalan Banjarnegara-Purbalingga. Nah, jadi selama ini aku sering melewati tempat -tempat ini ketika pulang atau perjalanan ke rumah, tapi ya ga pernah mampir (hehe). Kalau boleh jujur si, dulu mikirnya paling harganya mahal, jadi ya.. ga pernah kepikiran buat mampir.

Tapi, alhamdulillah akhirnya bisa tau isi didalam galery-galery yang terpampang (hehe) dan ternyata ga semuanya mahal loh, penasaran kan gimana kunjungannya? check this out guys!


(Keramik Khas Banjarnegara)

Ciri utama dari Keramik Banjarnegara adalah terletak pada ukirannya, ukirannya tegas dan banyak bolong-bolongnya atau lubangnya. warna yang digunakan adalah warna yang gelap.

Keramik ini merupakan salah satu kearifan lokal dari masyarakat yang patut diacungi jempol. karena sekarang keramik – keramik ini sudah diakui dikancah internasional. Ibu Yanti, salah satu pengusaha Kerajinan Keramik di Banjarnegara mengungkapkan beliau sudah beberapa kali mengikuti pameran diluar negeri. dan tentu banyak bersaing dengan produk dari negara lain, misalnya Vietnam.

Kunjungan kemarin pun, Ibu Yanti dengan senang hati membagikan ilmunya dengan kami. beliau yakin bahwa dengan membagi ilmunya ini, tidak akan membuat rezeki yang didapat akan berkurang. tak terkecuali tamu dari luar negeri yang sengaja datang untuk belajar tentang keramik lebih dalam. (keren ya!)


(Ibu Yanti bersama Dinas Pariwisata Banjarnegara)

Proses pembuatan keramik bermacam-macam, ada yang menggunakan teknik putar, cetak ada juga dengan teknik pilin. kemarin juga sempat diajak ke pabrik untuk melihat proses pembuatan keramik-keramik cantik yang terpampang di galery. (seru dah!)

Oh iya kalian ada yang pernah liat poci? iya poci yang mungkin sebagian kalian tau itu dari kota Tegal. Nah, ternyata eh ternyata poci-poci tersebut hampir 90% diproduksi di Banjarnegara loh.. 😀 ( ternyata yaa .. ) dan ini ini ternyata harga nya pun sangat bersahabat loh, harga untuk 1 pocinya adalah Rp 10.000.. (langsung kepikiran buat souvenir yahh .. haha). Selain poci, disana juga memproduksi asbak, guci,lilin, bangku (atau tempat untuk duduk) dan masih banyak lagi,


(poci-poci)

Nah buat kalian yang penasaran pengen mencoba buat keramik hasil karya sendiri, bisa loh.. disini kalian bisa belajar dan praktik langsung untuk membuatnya, cukup dengan Rp 15.000 – Rp 20.000 saja untuk setiap 2 jamnya..Belajar sabar, ulet plus mau bermain kotor-kotoran bisa kalian dapetin disini.


(Kak Idah sedang mencoba membuat keramik dengan teknik putar)

Buat para orang tua, pembelajaran ini juga sangat bermanfaat untuk anak-anaknya, dari pada terus mantengin gadget kan, lebih baik cari pengalaman langsung dengan berinteraksi dengan lingkungan.


(contoh keramik yang berbentuk lilin)

Semoga Kerajinan Keramik Banjarnegara bisa terus berkembang dan bisa menjadi kearifan lokal yang terus ada di masyarakat… (aamiin)

salam 😀

2 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *