Semua Tergantung pada Aturan,

Diawal tahun 2020, Jakarta dan sekitarnya terkena banjir setelah diguyur hujan berjam-jam. Selain itu, kebiasaan sebagian masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan, misalnya di sungai dan selokan juga menjadi salah satu penyebab banjir.

Kemudian saya teringat wejangan dosen saya di kelas mengenai Singapura dan membuang sampah yang mungkin dapat menjadi pembelajaran bagi kita.

source https://www.itworks.id/
singapura-pasang-100-ribu-cctv-canggih-di-jalanan

Beliau bercerita mengenai Singapura yang begitu rapi dan bersih. Kebiasaan yang dipaksa merupakan rahasianya. Kebiasaan tersebut tercipta karena adanya aturan yang memaksa. Masyarakat disana dipaksa untuk mengikuti aturan, contohnya saja aturan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jika tidak mengikuti aturan maka akan di denda dengan jumlah uang yang tidak sedikit. Aturan ini kemudian didukung dengan adanya CCTV dimana-mana, sehingga akan sangat mudah untuk menangkap seseorang yang membuang sampah sembarangan.

Hal itu membuat saya nostalgia saat dulu singgah di Singapura (saat acara studi banding ketika saya masih SMA). Memang benar, di Singapura begitu rapi dan bersih serta dimana-dimana terdapat CCTV.

Inti wejangan dosen saya adalah aturan yang memaksa dapat membuat masyarakat untuk mengerjakan sesuatu yang mungkin atau bahkan tidak diinginkan. Bukan tidak mungkin jika diterapkan di Indonesia, Indonesia dapat menjadi negara yang bersih dan rapi.

Aturan yang memaksa juga dapat membuat kita lebih disiplin dalam mengerjakan hal yang sudah menjadi kewajiban kita.

source: news.detik.com/

Semoga Banjir yang sedang melanda Jakarta dan sekitarnya bisa segera surut, dan segera dapat beraktifitas seperti biasa.

Salam.

(Visited 57 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *